lembahkasih
  puisi internet
 

artikel Anwar Holid : DISKUSI SASTRA INTERNET



 


Hudan Hidayat: Sapardi adalah Pembunuh Terbesar Sastra Indonesia
--Oleh Anwar Holid
Diskusi Sastra Internet dan Masa Depan Sastra pada 31 Januari 2009 saat ulang tahun apresiasi-sastra@yahoogroups.com memunculkan pernyataan kontroversial dan gugatan terhadap media cetak.
grup milis apresiasi-sastra@yahoogroups.com di PDS HB Jassin berlangsung meriah, akrab, banyak kejutan, menyenangkan, dan berbobot. Acara bertema "Sastra Milik Siapa?" itu berlangsung singkat-singkat, tapi berkesan. Yang pali
JAKARTA - Acara ultah ng mengesankan--dan berlangsung paling lama--boleh jadi diskusi Sastra Internet dan Masa Depan Sastra, bersama para pembicara yang telah lama bergelut dengan media tersebut, ialah Enda Nasution, Saut Situmorang, Nuruddin Asyhadie, ditambah Hudan Hidayat, dimoderatori Agus Noor.

Diskusi puncak itu penuh dengan gugatan, terutama dari Hudan dan Saut. Enda memberi siasat bagaimana agar sastra di Internet bisa memanfaatkan kekuatan yang mereka miliki dan justru tak terdapat pada media cetak, salah satunya ialah immediacy (kekinian), yang bersifat langsung, tanpa jeda dan ada link yang memungkinkan setiap hal bertaut. Celetukan Agus Noor menarik dan sering bikin ketawa, membuat diskusi hidup dan setia pada jalur. Sementara uraian Nuruddin Asyhadie terlalu serius untuk forum yang sudah cair oleh acara sebelumnya; dia menerangkan signifikansi sastra di media Internet, meskipun sampai sekarang tampaknya makin mirip dengan sastra cetak. Uraiannya mirip dengan tulisan Eka Kurniawan beberapa bulan lalu, mengusung jargon "code is poetry."

Ajakan Saut Situmorang untuk melawan sastra koran dan menguatkan sastra Internet memang bersemangat dan berapi-api.. Dia bilang, kalau mau menguatkan sastra Internet, penulis (sastrawan) harus berani meninggalkan sastra koran, jangan menulis atau langganan harian. Dia menyatakan sastra Internet sampai sekarang masih belum diakui keberadaannya oleh sejumlah kalangan, terutama kritikus dan para redaksi sastra koran--apalagi 4-5 tahun lalu. Sebagian kritik menilai, sastra Internet ialah tong sampah. Ironik, sekarang para pengkritik itu beberapa di antaranya malah menfaatkan blog dan semacamnya, terutama situs jaringan sosial seperti milis dan Facebook.

Gugatan Hudan Hidayat serius dan bikin telinga pendengar panas. Berkali-kali dia bilang, "Sapardi adalah pembunuh terbesar sastra Indonesia. Termasuk di antaranya Agus R. Sardjono dan Putu Wijaya." Hudan dan Saut secara terbuka menyatakan kecaman terhadap Goenawan Mohamad, Nirwan Dewanto, juga Dewan Kesenian Jakarta. Pernyataan keras seperti ini memang butuh klarifikasi atau forum lebih khusus lagi. Bila aku perhatikan dari Internet, pertentangan mereka berlangsung terbuka, terutama terkait persoalan politik sastra. Penyair senior Suparwan G. Parikesit meminta Hudan menjelaskan pernyataannya yang kontrovesial.

Mungkin perlu ada acara semacam "Pengadilan Sastra" untuk polemik yang justru berpotensi kontraproduktif (buruk) terhadap perkembangan sastra Indonesia secara keseluruhan. Tapi di sisi lain, publik sastra butuh orang berani, revolusioner, dan kuat seperti Saut. Aku dengar dia dijuluki "the lone wolf" sastra Indonesia atas sikap dan pendiriannya. Dalam beberapa hal, antara lain keberanian, kehadiran Saut memang bikin rusuh, menggemparkan. Hudan menyemangati peserta agar lebih tangguh berkarya, lebih kuat, biar mampu merebut masa depan sastra Indonesia. Dia menilai bahwa koran masih penting (terutama karena ada faktor kekuatan finansial di sana), tapi jelas memperlihatkan pemihakan kepada sastra Internet. Memang banyak yang mendukung sastra Internet, tapi ranah ini juga masih memiliki persoalan genting, misalnya tentang mutu/isi yang juga harus diperhatikan dan diperbaiki, juga ada kesan bahwa Internet malah menghadirkan fenomena kesekilasan yang melunturkan kedalaman dan perenungan.


Media massa cetak jelas masih memiliki keunggulan, namun sastra Internet juga punya faktor menentukan, misalnya interaktivitas, yang justru mampu melibatkan publik secara lebih intens. Apa persoalan terbesar sastra Internet ialah bahwa media ini masih gagal memenuhi kebutuhan finansial para sastrawan dan pegiatnya? Acara seperti ini melontarkan lagi pikiranku pada diskusi tradisi sastra Indonesia di Jawa Barat. Namun fakta menunjukkan bahwa media kini bukan merupakan persoalan. Makin banyak penulis mampu menulis baik di Internet dan media cetak. Persoalan kini lebih pada ekspresi, aktualitas, dan kedekatan pada media.






Ini adalah daftar dari 13 hal yang nggak mungkin salah satunya pernah
menimpa Anda, entah itu penulis pemula maupun penulis yang udah nggak
pemula lagi

  1. Tidak pernah memberi kabar nasib naskah. Sesuai janji atau
promosi yang sering dilakukan penerbit "naskah akan dinilai dan
dikabari minimal satu bulan sampai tiga bulan", tetapi udah
berbulan-bulan kabar angin pun tidak ada.
  2. Hilang ditelan bumi. Dulu awalnya sering nelpon, eh pas naskah
di tangan sang penanggung jawab hilang ditelan bumi. Jangankan
diangkat telpon, sms atawa email pun nggak di balas. Pas disamperin ke
kantor penerbitnya; bilang nggak adalah, udah pindah lah, inilah...
itulah... Eh, pas ketemu di pameran buku tu orang pasang wajah nggak
berdosa...
  3. Tak jadi terbit walau sudah tanda tangan perjanjian. Ini lebih
menyesakkan lagi, udah tanda tangan perjanjian eh tahu-tahu dikasih
kabar bukunya nggak jadi terbit. Padahal naskah itu sudah setahun
nginep di penerbit. "maaf ya, karena kebijkan akhirnya naskah Anda
kami batalkan terbitnya. Anda boleh kok nawarin ke penerbit lain."
  4. Pesen pepesan kosong. Ada penerbit yang mesen ini dan mesen itu.
Sebagai penulis (apalagi pemula) percaya aja dengan pesen itu. Nah,
setelah naskah jadi, malah nggak tahu kabarnya lagi.
  5. Diplomasi yang bikin basi. "Coba deh Anda tulis dulu naskahnya.
Ntar kita baca." Maka si penulis buatlah naskah itu dengan serius,
berbulan-bulan, menghabiskan modal, tenaga, dan tentu saja pikiran.
Pas jadi, jawabannya "wah, nggak asik nih naskah. Kita tolak." Duh,
kenapa ngga dari awal bilang kalo penerbit nggak bisa janji, tapi
semua akan diberlakukan sama bahwa naskah yang dinilai adalah naskah
yang sudah ada/jadi.
  6. Nggak pernah ngasih laporan. Ini banyak banget penerbit yang
melakukan ini. Buku udah terbit, tapi laporan sekalipun nggak pernah
ada. Jangankan royalti, harapan denger kabar berapa yang terjual pun
nggak pernah.
  7. Terlambat bayar hak penulis. Kalo udah minta naskah, bisa sehari
beberpa kali nelpon. Kalo minta revisi, SMS pasti nyerang terus. Eh,
pas ditagih pembayarannya... bilangnya tar sok - tar sok...
  8. Laporan ganda yang bayarnya kecil aja. Ini soal kejujuran
laporan penjualan penerbit. Penulis kadang dibohongi dengan penjualan
resmi, mereka hanya dapat penjualan fiktif yang jelas-jelas serapannya
kecil dan dampaknya royalti yang diterima pun kecil banget.
  9. Yang tak jelas nasibnya. Buku sudah dicetak, sudah ada di pasar,
sudah bertahun-tahun berlalu tapi tetap saja ada yang nggak jelas
nasib buku itu selanjutnya. Tidak pernah ngasih kabar bagaimana
kelanjutan kerjasama soal buku itu. Eh, tahunya denger kabar
perusahaannya udah bangkrut, eh tahunya udah ganti nama penerbit, eh
tahunya udah ganti kepemilikan, namun tetep saja nasib penulis nggak
pernah dikasih kabar apapun.
  10. Dipimpong melulu. Mungkin memang haknya menanya soal naskah, dan
ansibnya tapi selalu aja jadi bulan-bulanan di pimpong. Hari ini nanya
kepada si A dikasih tahu "tanya si B". Besok nanya si B eh dibilang
"wah itu urusan si C"... sampai pada "eh, maaf si A kemarin udah
pindah kerja, jadi naskahnya kita baca lagi". Deziiiiiiiiiiggg
  11. Penulis dikenai kewajiban menjual beberapa ratus eks buku dan
itu sudah menjadi kewajiban penulis. Nah lo, susah ngomong deh...
  12. Bermain-main dengan surat perjanjian. Misalnya aja nih ya
"Royalti akan dibayarkan kalo buku sudah kejual sebanyak 100 eks".
Bayangkan kalo selama 2 tahun buku yang kejual cuma 99 eks aja...
sampai kapan juga tu royalti nggak bakal nongol Ini baru satu pasal,
belum pasal yang lain.... soal pajak buku yang dibebankan ke penulis,
soal hak melihat prof awal sebelum dicetak, soal jumlah pembayaran,
soal... soal...
  13. Tidak pernah membayar royalti dan hak naskah. Ini udah jelas,
nggak perlu diperjelas lagi.




The last comments on this page:
Comment posted by BrettPrunk( ), 01/04/2018 at 4:10am (UTC):
wh0cd2170595 <a href=http://tetracycline2017.us.org/>tetracycline hydrochloride</a>

Comment posted by Charlesoneft( ), 01/04/2018 at 4:30am (UTC):
wh0cd719807 <a href=http://cheapviagra.fun/>buy viagra pills online</a> <a href=http://moduretic.fun/>buy moduretic</a> <a href=http://synthroidonline.store/>synthroid</a> <a href=http://celebrex.services/>celebrex</a> <a href=http://viagrasoft.services/>viagra soft tabs</a>

Comment posted by AlfredScods( jimkrisky08sslsmtp.download ), 01/04/2018 at 5:23am (UTC):
wh0cd3137787 <a href=http://estrace.fun/>cost of estrace</a> <a href=http://erythromycin.services/>erythromycin</a> <a href=http://levitrageneric.store/>levitra sales</a> <a href=http://aldactone.fun/>aldactone</a>

Comment posted by AlfredScods( danwomackblinkweb.top ), 01/04/2018 at 5:46am (UTC):
wh0cd2170595 <a href=http://cafergotonline.shop/>cafergot</a> <a href=http://cafergot.services/>cafergot</a> <a href=http://priceoflevitra.shop/>levitra</a> <a href=http://lisinopril.fun/>lisinopril</a>

Comment posted by MichaelSip( islandwxmynetsolutions.men ), 01/04/2018 at 5:50am (UTC):
wh0cd719807 <a href=http://tetracycline365.us.com/>Tetracycline</a> <a href=http://buymotrin.us.org/>Motrin Ib</a> <a href=http://buytadalissx.us.org/>generic tadalis sx</a> <a href=http://buysildenafil.us.com/>read more here</a> <a href=http://buycleocin.us.org/>cleocin</a> <a href=http://cleocingel.us.org/>cleocin t gel</a> <a href=http://buyserpina.us.org/>Serpina Without Prescription</a> <a href=http://tetracycline2017.us.org/>tetracycline hcl</a> <a href=http://buysingulair.us.org/>singulair</a> <a href=http://buycelebrex.us.com/>celebrex 200</a> <a href=http://buyvpxl.us.org/>buy vpxl</a> <a href=http://buycelexa.us.com/>celexa 40 mg</a> <a href=http://buytadalis.us.com/>tadalis sx online</a> <a href=http://buyclomid.us.com/>clomid fertility</a> <a href=http://buycleocingel.us.org/>cleocin cream</a>

Comment posted by MichaelSip( jenellmail4you.bid ), 01/04/2018 at 6:07am (UTC):
wh0cd719807 <a href=http://crestorgeneric.us.com/>crestor 5 mg</a> <a href=http://buytorsemide.us.com/>torsemide</a> <a href=http://buyzithromax.us.com/>zithromax</a> <a href=http://buycelebrex.us.com/>cost of celebrex</a> <a href=http://buymotrin.us.org/>motrin 800 mg</a> <a href=http://buyalli.us.com/>alli refill</a> <a href=http://buyserpina.us.com/>SERPINA ONLINE</a> <a href=http://buysildenafil.us.com/>sildenafil</a> <a href=http://buytadalissx.us.org/>tadalis</a> <a href=http://tetracycline365.us.com/>antibiotic tetracycline</a> <a href=http://buycleocingel.us.com/>more help</a>

Comment posted by MichaelSip( abouc1088mail4you.bid ), 01/04/2018 at 6:38am (UTC):
wh0cd719807 <a href=http://buymotrin.us.org/>Motrin</a> <a href=http://buysingulair.us.org/>singulair for asthma</a> <a href=http://buyserpina.us.com/>serpina</a> <a href=http://buyprednisolone.us.com/>prednisolone</a> <a href=http://buycleocin.us.org/>cleocin</a> <a href=http://buyalli.us.com/>alli pill</a>

Comment posted by Aaronwit( ), 01/04/2018 at 6:49am (UTC):
wh0cd1686999 <a href=http://ampicillin.fun/>ampicillin 500mg</a> <a href=http://amoxicillin875mg.store/>amoxicillin 875 mg</a> <a href=http://sildenafil.fun/>sildenafil 100</a> <a href=http://vasotec.fun/>vasotec</a> <a href=http://priceoflevitra.shop/>levitra</a>

Comment posted by KennethSon( mpitnellsgdfhghtj5.news ), 01/04/2018 at 6:57am (UTC):
wh0cd3137787 <a href=http://abilify.services/>abilify</a> <a href=http://indocin.services/>indocin</a> <a href=http://cymbaltaonline.store/>cymbalta</a> <a href=http://prednisone5mg.store/>prednisone medicine</a>

Comment posted by BennyMor( andrewbeadlesfreemails.download ), 01/04/2018 at 7:16am (UTC):
wh0cd2170595 <a href=http://elocongeneric.shop/>elocon ointment for sale</a> <a href=http://tenormin.fun/>tenormin</a> <a href=http://abilifygeneric.store/>abilify generic</a>

Comment posted by MichaelSip( capricemailserver.bid ), 01/04/2018 at 7:28am (UTC):
wh0cd2170595 <a href=http://buyzetia.us.com/>zetia tab 10mg</a> <a href=http://buyclomid.us.com/>Clomid Fertility Drug</a> <a href=http://buyalli.us.org/>is alli for sale</a> <a href=http://buytorsemide.us.com/>torsemide 20 mg</a> <a href=http://buyserpina.us.com/>SERPINA ONLINE</a> <a href=http://buymotrin.us.org/>motrin 400mg</a> <a href=http://buycleocingel.us.com/>Cleocin</a> <a href=http://buysingulair.us.org/>singulair</a> <a href=http://singulairgeneric.us.org/>generic form of singulair</a> <a href=http://cleocingel.us.com/>cleocin 150 mg</a> <a href=http://buyvpxl.us.org/>Vpxl</a> <a href=http://buycelexa.us.com/>Celexa</a> <a href=http://buytadalissx.us.org/>buy tadalis sx</a> <a href=http://tetracycline2017.us.org/>tetracycline</a>

Comment posted by Charlesoneft( kaylamail2k.win ), 01/04/2018 at 8:05am (UTC):
wh0cd236211 <a href=http://cymbaltaonline.store/>order cymbalta online</a> <a href=http://medrol.services/>helpful hints</a> <a href=http://sildenafil.services/>sildenafil</a> <a href=http://levaquin.services/>levaquin 750 mg</a> <a href=http://buycialis.fun/>cialis</a>

Comment posted by Charlesoneft( alinenunes82freemails.men ), 01/04/2018 at 8:26am (UTC):
wh0cd236211 <a href=http://costofviagra.services/>viagra</a> <a href=http://nexiummedication.shop/>nexium</a> <a href=http://citalopram.fun/>citalopram</a> <a href=http://tretinoincream005.store/>tretinoin cream 0.05</a>

Comment posted by Aaronwit( gemini1275mailmonster.stream ), 01/04/2018 at 8:38am (UTC):
wh0cd3137787 <a href=http://diflucan.services/>diflucan</a> <a href=http://augmentinantibiotic.shop/>augmentin oral</a> <a href=http://sildenafil.fun/>sildenafil</a>

Comment posted by Billyoccus( ), 01/04/2018 at 8:42am (UTC):
wh0cd2654191 <a href=http://cleocingel.us.com/>cleocin hcl 150 mg</a> <a href=http://buytorsemide.us.org/>Generic Torsemide</a> <a href=http://buysildenafil.us.com/>sildenafil</a> <a href=http://buymotrin.us.org/>generic motrin</a> <a href=http://buypaxil.us.com/>paxil blood pressure</a>

Comment posted by Charlesoneft( ), 01/04/2018 at 8:45am (UTC):
wh0cd2654191 <a href=http://medrol16mg.store/>medrol</a> <a href=http://stromectol.services/>stromectol</a> <a href=http://prednisolone.services/>buy prednisolone 5mg without prescription uk</a> <a href=http://medrolpack.store/>medrol pack</a> <a href=http://elimite.services/>buy elimite online</a> <a href=http://robaxin.services/>robaxin online</a> <a href=http://tadalafilonline.store/>best price generic tadalafil</a> <a href=http://aciclovir.store/>herpes zovirax</a> <a href=http://glucotrol.fun/>glucotrol</a> <a href=http://revia.fun/>revia cost</a>

Comment posted by BrettPrunk( bliomincm47blinkweb.win ), 01/04/2018 at 9:36am (UTC):
wh0cd1686999 <a href=http://tadalis.us.org/>tadalis</a> <a href=http://buysildenafil.us.com/>sildenafil citrate over the counter</a>

Comment posted by AlfredScods( crissomicohsecuresmtp.download ), 01/04/2018 at 10:39am (UTC):
wh0cd236211 <a href=http://anafranil.services/>anafranil</a> <a href=http://bentyl.fun/>bentyl</a> <a href=http://zanaflex.fun/>zanaflex</a> <a href=http://diclofenac.fun/>diclofenac</a> <a href=http://albendazole.services/>albendazole</a>

Comment posted by Charlesoneft( ), 01/04/2018 at 11:02am (UTC):
wh0cd1686999 <a href=http://costofviagra.services/>viagra</a> <a href=http://triamterene.fun/>triamterene-hctz 37.5-25 mg capsules</a> <a href=http://robaxin.fun/>robaxin</a> <a href=http://anafranilforanxiety.store/>anafranil</a> <a href=http://avalide.fun/>generic avalide</a> <a href=http://acyclovir.fun/>zovirax buy</a> <a href=http://prednisolone.services/>prednisolone</a> <a href=http://silagra.fun/>silagra without prescription</a> <a href=http://buycialis.fun/>buy cialis</a> <a href=http://citalopramforanxiety.store/>web site</a> <a href=http://lipitor.services/>lipitor</a> <a href=http://toradol30mg.store/>toradol kidney stones</a> <a href=http://medrol.fun/>medrol pak</a>

Comment posted by BennyMor( hpgmmailserver.bid ), 01/04/2018 at 11:04am (UTC):
wh0cd3137787 <a href=http://femaleviagra.store/>female viagra buy</a> <a href=http://cialis20mg.fun/>cialis</a>

Comment posted by StewartLic( ), 01/04/2018 at 11:28am (UTC):
wh0cd719807 <a href=http://buymotrin.us.com/>motrin 600</a> <a href=http://buystrattera.us.com/>generic for strattera</a>

Comment posted by Charlesoneft( ), 01/04/2018 at 11:42am (UTC):
wh0cd1203403 <a href=http://amitriptyline25mg.shop/>amitriptyline</a> <a href=http://retina.fun/>retin-a</a> <a href=http://tretinoincream01.store/>tretinoin cream 0.1 buy</a> <a href=http://tadalafilonline.store/>tadalafil online</a> <a href=http://bupropionsr.store/>bupropion sr</a> <a href=http://seroquel.fun/>seroquel</a> <a href=http://paxil.services/>paxil</a> <a href=http://sildenafilgeneric.store/>sildenafil for sale</a> <a href=http://vardenafil.fun/>vardenafil</a>

Comment posted by KennethSon( nikoalmatysnipe-mail.bid ), 01/04/2018 at 11:48am (UTC):
wh0cd2170595 <a href=http://sildenafilonline.shop/>sildenafil online</a>

Comment posted by Billyoccus( hittlehostingninja.bid ), 03/29/2018 at 2:28pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://levitra4you.us.com/>levitra 10mg</a>

Comment posted by BrettPrunk( larrissa52msmail.trade ), 03/30/2018 at 2:31am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://prednisolone4you.us.com/>prednisolone 20mg</a> <a href=http://sildenafil2018.us.org/>sildenafil price</a> <a href=http://anafranil4you.us.com/>anafranil 25 mg</a> <a href=http://lasix4you.us.com/>Lasix</a>

Comment posted by StewartLic( auroraebus8bighost.bid ), 03/30/2018 at 2:05pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://propecia365.us.org/>propecia</a> <a href=http://cialis911.us.com/>GENERIC CIALIS 40 MG</a> <a href=http://ventolin911.us.com/>Ventolin</a> <a href=http://wellbutrin4you.us.com/>WELLBUTRIN 200 MG</a> <a href=http://kamagra911.us.com/>where to buy kamagra</a>

Comment posted by BrettPrunk( anon2004mail4you.bid ), 03/30/2018 at 2:35pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://levaquin4you.us.com/>order levaquin online</a> <a href=http://citalopram4you.us.com/>citalopram migraine</a> <a href=http://propecia365.us.org/>propecia</a>

Comment posted by Billyoccus( carsdurorsecuresmtp.bid ), 03/30/2018 at 6:52pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://levitra911i.us.com/>buy levitra online</a> <a href=http://cipro4you.us.com/>cipro</a> <a href=http://doxycycline365.us.org/>doxycycline</a> <a href=http://amoxicillin4you.us.com/>amoxicillin</a> <a href=http://metformin365.us.org/>Metformin</a>

Comment posted by StewartLic( hmg1016mailmonster.bid ), 03/31/2018 at 2:37am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://levitra911i.us.com/>find out more</a>

Comment posted by StewartLic( angfraferraro11securesmtp.bid ), 03/31/2018 at 2:53pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://effexor4you.us.com/>effexor xr</a> <a href=http://ventolin4you.us.com/>ventolin nebules</a>

Comment posted by BrettPrunk( croftkittymail4you.racing ), 03/31/2018 at 3:34pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://cialis365.us.org/>cheap cialis online</a> <a href=http://bupropion4you.us.com/>bupropion buy online</a> <a href=http://cialis18.us.org/>cialis 5mg best price</a> <a href=http://retin-a4you.us.com/>retin a cream without prescription</a> <a href=http://female4you.us.com/>female viagra without prescription</a>

Comment posted by BrettPrunk( bowmanca12345msmail.trade ), 04/01/2018 at 3:49am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://benicar4you.us.com/>benicar generic available</a> <a href=http://seroquel4you.us.com/>seroquel</a> <a href=http://clindamycin4you.us.com/>clindamycin 150mg</a> <a href=http://propecia365.us.org/>propecia hair</a> <a href=http://prednisone365.us.org/>60 Mg Of Prednisone</a>

Comment posted by BrettPrunk( krugerquintinhostnow.bid ), 04/01/2018 at 4:32pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://levitra911i.us.com/>Best Levitra Prices</a> <a href=http://cefixime4you.us.com/>cefixime gonorrhea</a> <a href=http://estrace4you.us.com/>Estrace Cream Generic</a> <a href=http://glucophage4you.us.com/>glucophage xl</a> <a href=http://diclofenac4you.us.com/>Diclofenac</a>

Comment posted by Billyoccus( wash2keblinkweb.trade ), 04/01/2018 at 8:04pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://kamagra4you.us.com/>kamagra gel oral</a> <a href=http://metformin4you.us.com/>glucophage metformin</a> <a href=http://dapoxetine4you.us.com/>dapoxetine online pharmacy</a> <a href=http://lisinopril4you.us.com/>Lisinopril</a> <a href=http://cefixime4you.us.com/>cefixime 400 mg buy online</a>

Comment posted by StewartLic( murielwwwemail.trade ), 04/02/2018 at 3:48am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://ampicillin4you.us.com/>Ampicillin Generic</a> <a href=http://moduretic4you.us.com/>moduretic without prescription</a> <a href=http://cialis18.us.com/>cialis</a>

Comment posted by BrettPrunk( workmailessexanonimousemail.trade ), 04/02/2018 at 4:54am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://female4you.us.com/>cheap female viagra</a> <a href=http://vasotec4you.us.com/>vasotec</a> <a href=http://cefixime4you.us.com/>cefixime for gonorrhea</a> <a href=http://sildenafil18.us.com/>Sildenafil 100mg Price</a>

Comment posted by StewartLic( eliseyouripost.bid ), 04/02/2018 at 4:21pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://lasix4you.us.com/>lasix no prescription</a> <a href=http://bupropion4you.us.com/>Bupropion Buy Online</a> <a href=http://atenolol4you.us.com/>atenolol 25 mg</a>

Comment posted by BrettPrunk( rgutierrezyourmailpro.bid ), 04/02/2018 at 5:29pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://levaquin4you.us.com/>levaquin</a> <a href=http://dapoxetine4you.us.com/>dapoxetine</a> <a href=http://tadalafil4you.us.com/>Tadalafil</a> <a href=http://furosemide4you.us.com/>furosemide 40 mg diuretic</a>

Comment posted by Billyoccus( donniewwwemail.trade ), 04/02/2018 at 8:36pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://bupropion4you.us.com/>BUPROPION</a>

Comment posted by BrettPrunk( themusicmanyournetsolutions.bid ), 04/03/2018 at 5:45am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://zoloft4you.us.com/>zoloft 200 mg</a>

Comment posted by Billyoccus( francineclanetjaggernautemail.trade ), 04/03/2018 at 8:23am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://clindamycin4you.us.com/>clindamycin 300mg capsules</a> <a href=http://cialis18.us.org/>cheap cialis 5 mg</a> <a href=http://tadalafil4you.us.com/>Tadalafil</a> <a href=http://benicar4you.us.com/>benicar</a>

Comment posted by BrettPrunk( lauriebighost.bid ), 04/03/2018 at 6:15pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://female4you.us.com/>female viagra</a>

Comment posted by Billyoccus( lsamfordfreeemails.racing ), 04/03/2018 at 9:47pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://atenolol4you.us.com/>atenolol</a> <a href=http://tretinoin4you.us.com/>tretinoin</a>

Comment posted by KennethSon( shimonekemailme.bid ), 04/04/2018 at 12:21am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://cialis18.us.com/>cialis</a> <a href=http://trazodone365.us.org/>trazodone</a> <a href=http://neurontin4you.us.com/>buy neurontin</a> <a href=http://lasix365.us.org/>lasix</a> <a href=http://ventolin4you.us.com/>ventolin proventil</a>

Comment posted by StewartLic( luanafreewebpages.bid ), 04/04/2018 at 6:26am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://lexapro4you.us.com/>Lexapro</a> <a href=http://cialis2018.us.com/>lowest price cialis</a> <a href=http://prednisolone4you.us.com/>prednisolone</a>

Comment posted by BrettPrunk( jseldisanonimousemail.trade ), 04/04/2018 at 8:09am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://furosemide365.us.org/>furosemide</a> <a href=http://female4you.us.com/>female viagra cream</a>

Comment posted by Charlesoneft( meganrobargemypop3.bid ), 04/04/2018 at 10:05am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://citalopram4you.us.com/>citalopram libido</a> <a href=http://metformin4you.us.com/>Metformin</a> <a href=http://levitra911i.us.com/>levitra</a>

Comment posted by Billyoccus( jgalaxy2003freechatemails.bid ), 04/04/2018 at 10:42am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://metformin365.us.org/>Metformin</a>

Comment posted by KennethSon( trini3112jaggernautemail.trade ), 04/04/2018 at 1:52pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://cialis2018.us.org/>cialis</a> <a href=http://moduretic4you.us.com/>moduretic online</a> <a href=http://amoxicillin4you.us.com/>amoxicillin 250 mg</a> <a href=http://trazodone4you.us.com/>trazodone hcl</a>

Comment posted by AlfredScods( robertpizanamail4you.trade ), 04/04/2018 at 2:05pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://sildenafil18.us.com/>sildenafil</a> <a href=http://lisinopril365.us.org/>generic lisinopril</a> <a href=http://prednisone365.us.org/>prednisone 40mg</a> <a href=http://lisinopril4you.us.com/>zestril</a>

Comment posted by StewartLic( wpanruckersecuresmtp.trade ), 04/04/2018 at 7:06pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://propecia4you.us.com/>propecia</a> <a href=http://furosemide365.us.org/>furosemide 20 mg</a>

Comment posted by Charlesoneft( roxanneyourfreemail.bid ), 04/04/2018 at 11:28pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://ampicillin4you.us.com/>ampicillin</a> <a href=http://retin-a365.us.org/>tretinoin 0.05 cream</a> <a href=http://levitra4you.us.com/>LEVITRA 20 MG TABLETS</a> <a href=http://wellbutrin365.us.org/>wellbutrin</a> <a href=http://prednisone365.us.org/>Prednisone</a>

Comment posted by BrettPrunk( michaelstingermailserver.bid ), 04/05/2018 at 2:14am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://bactrim365.us.org/>buy bactrim antibiotic</a> <a href=http://cefixime4you.us.com/>Cefixime</a> <a href=http://rocaltrol4you.us.com/>Rocaltrol</a> <a href=http://retin-a4you.us.com/>Retin A</a> <a href=http://levitra4you.us.com/>10mg levitra</a>

Comment posted by Billyoccus( phoenixmichaelssimplyemail.racing ), 04/05/2018 at 5:34am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://cialis50.us.com/>cialis</a> <a href=http://elocon4you.us.com/>more</a> <a href=http://moduretic4you.us.com/>moduretic without prescription</a> <a href=http://kamagra365.us.org/>kamagra online</a>

Comment posted by AlfredScods( mbspaulsensimplyemail.racing ), 04/05/2018 at 8:59am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://ventolin911.us.com/>proventil for sale</a> <a href=http://wellbutrin365.us.org/>wellbutrin</a>

Comment posted by StewartLic( pajafimail2k.trade ), 04/05/2018 at 10:02am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://citalopram4you.us.com/>CITALOPRAM</a> <a href=http://benicar4you.us.com/>BENICAR</a> <a href=http://ventolin4you.us.com/>ventolin hfa price</a>

Comment posted by Charlesoneft( angelosnailmail.bid ), 04/05/2018 at 1:30pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://citalopram4you.us.com/>citalopram</a> <a href=http://plavix4you.us.com/>plavix</a> <a href=http://avodart4you.us.com/>avodart price</a> <a href=http://glucotrol4you.us.com/>learn more</a>

Comment posted by KennethSon( bobbieemailme.racing ), 04/05/2018 at 9:11pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://prednisone4you.us.com/>prednisone</a>

Comment posted by AlfredScods( tomimyfreeserver.bid ), 04/05/2018 at 10:12pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://estrace4you.us.com/>learn more</a> <a href=http://doxycycline365.us.org/>cheap doxy</a> <a href=http://trazodone365.us.org/>cost of trazodone</a> <a href=http://prednisone4you.us.com/>prednisone</a> <a href=http://bupropion4you.us.com/>BUPROPION</a>

Comment posted by BennyMor( gcopelandb2bmail.trade ), 04/06/2018 at 2:06am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://kamagra365.us.org/>kamagra gel oral</a> <a href=http://estrace4you.us.com/>estrace 0.01 cream</a> <a href=http://lisinopril4you.us.com/>40 mg lisinopril</a> <a href=http://moduretic4you.us.com/>buy moduretic</a> <a href=http://antabuse4you.us.com/>order antabuse no prescription</a>

Comment posted by AlfredScods( shirleymail2k.trade ), 04/06/2018 at 11:28am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://zoloft4you.us.com/>zoloft 200 mg</a> <a href=http://lisinopril365.us.org/>lisinopril 10mg tablets</a>

Comment posted by BennyMor( jerrygailivemail.bid ), 04/06/2018 at 8:23pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://wellbutrin4you.us.com/>wellbutrin xl 300 mg</a> <a href=http://elocon4you.us.com/>elocon cream price</a>

Comment posted by KennethSon( blueboy007emailme.racing ), 04/07/2018 at 4:07am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://lisinopril365.us.org/>generic lisinopril</a> <a href=http://retin-a4you.us.com/>retin a micro price</a>

Comment posted by AlfredScods( ldavis233mail4you.trade ), 04/07/2018 at 5:23am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://kamagra365.us.org/>kamagra effervescent</a> <a href=http://lasix4you.us.com/>Lasix</a> <a href=http://ventolin365.us.org/>ventolin hfa inhaler</a> <a href=http://sildenafil2018.us.com/>sildenafil citrate generic</a>

Comment posted by KennethSon( beaniefigelweb2web.bid ), 04/07/2018 at 5:49pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://lexapro4you.us.com/>Lexapro</a> <a href=http://cialis911.us.com/>cilias</a> <a href=http://doxycycline365.us.org/>discover more here</a> <a href=http://ampicillin4you.us.com/>Ampicillin</a>

Comment posted by BennyMor( surferegg44bighost.bid ), 04/07/2018 at 10:47pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://requip4you.us.com/>generic for requip</a>

Comment posted by Charlesoneft( lynellyournetsolutions.bid ), 04/07/2018 at 11:15pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://furosemide4you.us.com/>furosemide</a> <a href=http://neurontin4you.us.com/>Neurontin</a> <a href=http://celebrex4you.us.com/>Buy Celebrex Online</a> <a href=http://sildenafil2018.us.com/>sildenafil</a> <a href=http://prednisolone4you.us.com/>prednisolone 5mg</a>

Comment posted by AlfredScods( rebeccalampmynetsolutions.bid ), 04/08/2018 at 7:51am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://plavix4you.us.com/>Plavix</a>

Comment posted by Charlesoneft( brianingrammyimail.bid ), 04/08/2018 at 11:43am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://cialis365.us.org/>cost of 5mg cialis</a> <a href=http://propecia365.us.org/>finasteride without prescription</a> <a href=http://lexapro4you.us.com/>lexapro</a> <a href=http://colchicine4you.us.com/>colchicine cancer</a> <a href=http://dapoxetine4you.us.com/>dapoxetine priligy</a>

Comment posted by KennethSon( dswingartemailme.accountant ), 04/08/2018 at 7:53pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://female4you.us.com/>female viagra</a> <a href=http://furosemide365.us.org/>furosemide 20mg</a> <a href=http://erythromycin4you.us.com/>erythromycin cream</a>

Comment posted by BennyMor( aud155anonimousemail.trade ), 04/09/2018 at 1:25am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://glucotrol4you.us.com/>GLUCOTROL XL</a> <a href=http://medrol4you.us.com/>medrol</a>

Comment posted by KennethSon( rblangillebighost.bid ), 04/09/2018 at 9:33am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://lexapro4you.us.com/>LEXAPRO</a>

Comment posted by BennyMor( jwhutchfreemail.trade ), 04/09/2018 at 3:04pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://estrace4you.us.com/>estrace cream</a> <a href=http://colchicine4you.us.com/>probenecid colchicine</a>

Comment posted by Charlesoneft( jbraun868emailme.bid ), 04/09/2018 at 3:24pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://kamagra911.us.com/>kamagra jelly</a>

Comment posted by BennyMor( jowsthyourimail.bid ), 04/10/2018 at 3:07am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://wellbutrin4you.us.com/>how much is wellbutrin</a> <a href=http://bactrim4you.us.com/>bactrim</a>

Comment posted by BennyMor( jjo384snipemail4u.bid ), 04/11/2018 at 1:58am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://furosemide365.us.org/>furosemide 12.5 mg</a> <a href=http://doxycycline365.us.org/>where can i get doxycycline</a>

Comment posted by Charlesoneft( ljmowerymyumail.bid ), 04/11/2018 at 3:21pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://ventolin4you.us.com/>ventolin</a>

Comment posted by KennethSon( rhiannonmail4you.trade ), 04/11/2018 at 10:58pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://kamagra911.us.com/>buy kamagra online</a> <a href=http://propecia365.us.org/>finasteride for women</a>

Comment posted by KennethSon( aaexactyournetsolutions.bid ), 04/12/2018 at 9:33pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://kamagra4you.us.com/>kamagra online pharmacy</a> <a href=http://propecia365.us.org/>propecia no prescription</a>

Comment posted by KennethSon( hondayamahaktmmailmonster.bid ), 04/14/2018 at 5:36am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://retin-a365.us.org/>tretinoin price</a> <a href=http://rocaltrol4you.us.com/>rocaltrol without prescription</a> <a href=http://avodart4you.us.com/>avodart generic equivalent</a>

Comment posted by AlfredScods( thearlcemailme.racing ), 04/14/2018 at 7:12am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://lexapro911.us.com/>lexapro cost</a> <a href=http://vasotec4you.us.com/>BUY VASOTEC</a> <a href=http://cialis2018.us.com/>cialis</a> <a href=http://glucophage4you.us.com/>glucophage xr generic</a> <a href=http://prednisolone4you.us.com/>prednisolone 5 mg</a>

Comment posted by Charlesoneft( webmechanichostingninja.bid ), 04/14/2018 at 10:04am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://tadacip4you.us.com/>GENERIC TADACIP</a> <a href=http://cialis18.us.com/>cialis 100 mg</a> <a href=http://elocon4you.us.com/>elocon cream</a>

Comment posted by AlfredScods( sgalemail2k.trade ), 04/14/2018 at 7:58pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://bupropion4you.us.com/>bupropion 150mg sr</a> <a href=http://lasix365.us.org/>cost of lasix</a> <a href=http://rocaltrol4you.us.com/>rocaltrol</a> <a href=http://anafranil4you.us.com/>anafranil anxiety</a>

Comment posted by BennyMor( dragonxyzsnailmail.bid ), 04/14/2018 at 10:40pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://vasotec4you.us.com/>vasotec</a> <a href=http://tadalafil4you.us.com/>tadalafil price</a> <a href=http://metformin365.us.org/>metformin hcl 1000mg</a> <a href=http://doxycycline4you.us.com/>vibramycin</a> <a href=http://ventolin365.us.org/>ventolin</a>

Comment posted by BennyMor( johnremailme.racing ), 04/15/2018 at 10:21am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://levitra365.us.org/>levitra 40 mg pay with mastercard</a>

Comment posted by AlfredScods( jonamyimail.bid ), 04/15/2018 at 8:23pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://seroquel4you.us.com/>Seroquel</a>

Comment posted by Charlesoneft( suzeeque1952anonimousemail.trade ), 04/15/2018 at 10:35pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://zoloft4you.us.com/>zoloft 50 mg</a> <a href=http://estrace4you.us.com/>generic estrace</a> <a href=http://diclofenac4you.us.com/>Diclofenac</a>

Comment posted by Billyoccus( starkey81b2bmail.trade ), 04/16/2018 at 5:44am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://atenolol2018.world/>atenolol</a> <a href=http://effexor2018.world/>effexor</a> <a href=http://lexapro2018.world/>lexapro</a> <a href=http://amoxicillin2018.live/>amoxicillin</a> <a href=http://furosemide247.world/>furosemide</a>

Comment posted by BrettPrunk( themusicmanwwwemail.racing ), 04/16/2018 at 5:57am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://avana365.live/>avana</a> <a href=http://estrace2018.world/>cost of estrace</a> <a href=http://cephalexin247.live/>buy keflex</a>

Comment posted by BrettPrunk( brianasimplyemail.trade ), 04/16/2018 at 6:37am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://avodart911.live/>generic avodart online</a> <a href=http://tricor2018.world/>generic for tricor</a>

Comment posted by KennethSon( cayntonmsmail.trade ), 04/16/2018 at 7:00am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://lexapro4you.us.com/>buy lexapro without a prescription online</a> <a href=http://plavix4you.us.com/>plavix</a> <a href=http://clindamycin4you.us.com/>clindamycin phosphate topical</a>

Comment posted by KennethSon( laurengrunbichlermyfreemail.bid ), 04/16/2018 at 8:20pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://furosemide365.us.org/>furosemide</a> <a href=http://lexapro911.us.com/>lexapro</a>

Comment posted by Charlesoneft( djf27502jaggernautemail.bid ), 04/17/2018 at 5:13am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://sildenafil2018.us.com/>Sildenafil</a> <a href=http://cipro4you.us.com/>Buy Cipro Online Canada</a> <a href=http://colchicine4you.us.com/>colchicine</a> <a href=http://tadalafil4you.us.com/>tadalafil</a> <a href=http://levitra4you.us.com/>levitra</a>

Comment posted by Charlesoneft( meganrobargemail4you.trade ), 04/17/2018 at 6:52pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://lisinopril4you.us.com/>lisinopril</a> <a href=http://sildenafil2018.us.org/>sildenafil online pharmacy</a> <a href=http://ventolin365.us.org/>ventolin hfa</a>

Comment posted by KennethSon( miraklesecuresmtp.bid ), 04/17/2018 at 11:57pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://lexapro4you.us.com/>lexapro</a>

Comment posted by AlfredScods( palm987emailme.bid ), 04/18/2018 at 2:17am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://kamagra365.us.org/>kamagra</a>

Comment posted by Charlesoneft( magatlinfreeemails.racing ), 04/18/2018 at 8:59am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://bupropion4you.us.com/>bupropion sr 150 mg without a prescription</a> <a href=http://diclofenac4you.us.com/>Diclofenac 100 Mg</a> <a href=http://propecia365.us.org/>propecia online pharmacy</a> <a href=http://doxycycline4you.us.com/>doxycycline 50mg</a>

Comment posted by BennyMor( seccpamail4you.trade ), 04/19/2018 at 9:03am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://hydrochlorothiazide4you.us.com/>GENERIC FOR HYDROCHLOROTHIAZIDE</a> <a href=http://effexor4you.us.com/>effexor xl</a>

Comment posted by Charlesoneft( ckteenb2bmail.trade ), 04/19/2018 at 1:30pm (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://dapoxetine4you.us.com/>dapoxetine</a> <a href=http://ventolin365.us.org/>proventil hfa 90 mcg inhaler</a> <a href=http://elocon4you.us.com/>elocon cream</a> <a href=http://cialis4you.us.com/>cialis 50</a>

Comment posted by Charlesoneft( roylaughlinwwwemail.bid ), 04/20/2018 at 4:07am (UTC):
wh0cd47138 <a href=http://effexor4you.us.com/>effexor xr 150 mg</a>



Add comment to this page:
Your Name:
Your Email address:
Your website URL:
Your message:

 
   
 
=> Do you also want a homepage for free? Then click here! <=
lembahkasih

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANYA.


KEMBALI KE ATAS